Tips Menabung Seperti Investasi - Si-Newbie

Minggu, 01 Maret 2020

Tips Menabung Seperti Investasi


Menabung dan investasi memang kerap dianggap sama oleh sebagian orang. Padahal keduanya memiliki perbedaaan yang cukup jelas. Jika menabung merupakan aktivitas menyisihkan uang dari pemasukan untuk disimpan. Sedangkan investasi merupakan aktivitas penanaman modal untuk menghasilkan keuntungan untuk jangka panjang. Menabung bisa dilakukan oleh siapapun mulai anak kecil hingga orang dewasa. Untuk menabung juga tidak harus di bank, karena aktivitas ini bisa dilakukan dirumah menggunakan celengan kecil.

Ada banyak keuntungan jika menabung secara rutin. Mulai dari pengeluaran bisa dikontrol, memiliki cadangan keuangan hingga medapatkan bunga. Menabung akan lebih aman jika dilakukan di bank, karena sistem keamanan yang dibuat jauh lebih baik dibanding di rumah. Menabung dan investasi sama-sama kegiatan mengeluarkan uang. Tapi bedanya, investasi akan membuat uang bertambah. Lalu bagaimana agar menabung mirip seperti investasi ?

Tips Menabung Seperti Investasi

  • Menggunakan Uang Bebas

Menabung memang disarankan untuk menggunakan uang bebas atau mengalokasikan beberapa persen dari pendapatan. Sehingga keuangan pribadi maupun keluarga tidak terganggu. Hindari menabung menggunakna uang yang sudah dialokasikan sebelumnya. Menabung dengan uang bebas juga terasa lebih mudah. Sama halnya dengan investasi, yang lebih baik dilakukan menggunakan uang yang belum dialokasikan untuk hal apapun. Sehingga meminimalkan resiko kehilangan uang atau masalah lain.

  • Menabung Emas

Tujuan dari investasi memang untuk mendapatkan keuntungan dari modal yang dikeluarkan. Ini sama saja dengan menabung emas yang juga akan memberikan keuntungan ketika harga emas naik. Untuk menabung emas bisa dilakukan dengan melalui pegadaian atau cara lain. Yang jelas, pastikan tempat menabung sudah dipercaya dan memiliki reputasi yang bagus. Menabung emas melalui pegadaian juga dinilai lebih mudah. Karena sudah disediakan aplikasi yang berguna untuk memantau jumlah tabungan emas yang dimiliki. Selain itu juga bisa melihat nilai dari tabungan secara real time agar bisa memutuskan untuk menjual emas atau tidak. Keuntungan akan didapat ketika harga beli lebih rendah dibanding harga jual emas.

  • Menabung Secara Rutin

Menabung dan investasi sama-sama bertujuan untuk meningkatkan jumlah kekayaan. Untuk itu, jika ingin berhasil dalam menabung, lakukan secara rutin. Sehingga jumlahnya akan lebih cepat bertambah. Semakin banyak uang yang ditabungkan maka kesempatan untuk mendapatkan bunga akan semaki besar. Bunga bank merupakan keuntungan yang didapat oleh bank yang kemudian diberikan kepada para nasabahnya. Besarannya bergantung dari jumlah tabungan yang dimiliki oleh nasabah tersebut. Oleh karena itu, menabung secara rutin bisa menjadi pilihan yang tepat.

  • Menabung Di Tempat Aman

Segala hal yang berhubungan dengan uang, lebih baik untuk mengutamakan keamanannya. Sama halnya dengan menabung yang harus dilakukan di tempat yang aman. Salah satunya seperti bank yang sudah jelas memiliki keamanan yang bagus. Tujuan menabung tak berbeda jauh dengan investasi, yakni untuk menjaga uang mereka agar bisa digunakan lebih lama. Selain itu, berhati-hati terhadap hal-hal berbau penipuan yang kerap dialami oleh nasabah bank.

  • Melakukan Monitoring Keuangan

Tidak hanya berinvestasi, saat menabung juga disarankan untuk rutin mengecek keuangan yang disimpan. Tujuannya untuk memastikan bahwa uang yang disetorkan benar-benar aman. Di zaman yang sudah maju ini, melakukan monitoring keuangan akan lebih mudah dengan adanya aplikasi mbanking yang disediakan oleh bank. Namun jika menabung secara mandiri, proses monitoring harus dilakukan secara manual. Hal ini membuat menabung melalui bank jauh lebih efisien.

Share with your friends

Give us your opinion