Jenis - Jenis Jerawat dan Cara Mengobatinya - sinewbie.net
News Update
Loading...

Rabu, 11 Desember 2019

Jenis - Jenis Jerawat dan Cara Mengobatinya

Jerawat merupakan penyakit kulit yang sangat menjengkelkan, karena jerawat sering tumbuh di bagian muka yang membuat orang tidak percaya diri. Pori - pori yang tersumbat dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang berkaitan dengan:


  • produksi minyak berlebih (sebum)
  • bakteri
  • hormon
  • sel kulit mati
  • rambut tumbuh ke dalam
Jerawat biasanya timbul pada usia remaja karena fluktuasi hormon, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga mengalami jerawatan. 

Jerawat bisa bersifat noninflamasi atau inflamasi. Subtipe jerawat dalam dua kategori ini menambahkan:


  • komedo
  • whiteheads
  • papula
  • pustula
  • nodul
  • kista
Mungkin beberapa dari anda mengalami jerawat yang berbeda jenis sekaligus, bahkan cukup parah sehingga dianjurkan untuk konsultasi ke dokter kulit atau kecantikan.



Jerawat NonInflamasi

Komedo dan Whiteheads termasuk kedalam jerawat noninflamasi. Jerawat ini biasanya tidak menyebabkan pembengkakan

Asam salisilat dapat bekerja baik untuk mengilangkan jerawat seperti ini karena dapat bekerja baik pada jerawat yang tidak meradang. Asam salisilat dapat menghilangkan sel-sel  kulit mati hingga dapat membantu penyumbatan pada pori-pori.


Komedo (komedo terbuka)

Komedo ini terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati atau sebum. Yang mnyebabkan bagian atas pori pori terbuka meskipun sisanya tersumbat. Jerawat ini menghasilkan karakteristik warna hitam yang terlihat di permukaaan.

Komedo putih (komedo tertutup)

Whiteheads juga dapat membentuk kompilasi pori-pori tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati. Tapi tidak seperti komedo terbuka, bagian atas pori-pori ditutup. Yang terlihat seperti benjolan kecil menonjol dari kulit.

Karena pori-pori sudah tertutup komedo ini sedikit lebih sulit di obati. Produk pembersih yang mengandung asam silsilat dapat membantu menghilangkan komedo ini.


Jerawat peradangan

Jerawat yang merah dan bengkak disebut sebagai peradangan pada jerawat.

Selain sebum dan sel-sel kulit mati yang berkontribusi terhadap peradangan jerawat, bakteri juga sangat berpengaruh terhadapat penyumbatan pori pori jenis ini. Bakteri dapat menyebabkan infeksi terhadap kulit hingga menyebabkan bintik bintik di permukaan kulit yang sulit di hilangkan.

Untuk mengobati jerawat ini produk yang mengandung benzoil peroksida dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan bakteri di dalam kulit. benzoil peroksida dapat mengurangi sebum yang berlebih.

Biasanya dokter meresepkan obat antibiotik oral atau topikal dan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat ini. Selain itu Retionoid topikal juga merupakan bagian penting untuk mengobati papula dan pustula inflamasi.


Papula

Papula terjadi ketika dinding di sekitar pori-pori Anda rusak karena peradangan parah. Papula menghasilkan pori-pori keras dan tersumbat yang empuk saat disentuh. Kulit di sekitar pori-pori ini biasanya berwarna merah muda.

Pustul

Pustula terbentuk ketika dinding di sekitar pori-pori Anda pecah. Tidak seperti papula, pustula dipenuhi dengan nanah. Benjolan ini keluar dari kulit dan biasanya berwarna merah. Mereka sering memiliki kepala kuning atau putih di atasnya.

Nodules

Nodula terjadi ketika tersumbat, pori-pori bengkak mengalami iritasi lebih lanjut dan tumbuh lebih besar. Tidak seperti pustula dan papula, nodul berada lebih dalam di bawah kulit.

Obat resep dari dokter biasanya sangat di perlukan untuk mengobati nodul, karena bintik bintik berada di dalam.

Bisanya dokter akan meresepkan obat oral isotretinoin (Sotret). Ini dibuat dari bentuk vitamin A dan diminum setiap hari selama empat hingga enam bulan. Ini dapat mengobati dan mencegah nodul dengan mengurangi ukuran kelenjar minyak di dalam pori-pori.


Kista

Kista dapat berkembang ketika pori-pori tersumbat oleh kombinasi bakteri, sebum, dan sel kulit mati. Bakiak terjadi jauh di dalam kulit dan lebih jauh di bawah permukaan daripada nodul.

Benjolan merah atau putih yang besar ini seringkali terasa sakit saat disentuh. Kista adalah bentuk jerawat terbesar, dan pembentukannya biasanya akibat infeksi parah. Jerawat jenis ini juga paling mungkin untuk bekas luka.

Obat resep isotretinoin (Sotret) biasanya digunakan untuk mengobati kista. Dalam kasus yang parah, dokter kulit Anda dapat mengangkat kista dengan pembedahan.

Share with your friends

1 komentar

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done